” Komunikasi Keluarga “

Komunikasi yang baik dalah pintu terjalinnya hubungan antara anak dan orangtua . Bisa kita bayangkan apabila hubungan antara anak dengan orang tua sampai mengalami gangguan hingga sampai terputusnya hubungan antara orang tua dan anak .

Kita harus selalu dapat memastikan bahwa hubungan itu akan tetap baik dan lancar . Untuk itu ada tehnik yang harus kita ketahui agar komunikasi tetap baik dan lancar .

  • Tunjukkan Penerimaan dan Dukungan kepada anak :
    Berkomunikasi dengan anak dan menerima anak dengan apa adanya akan memungkinkan anak untuk tumbuh , berubah dan merasa nyaman dengan dirinya sendiri dan akan sangat memudahkan dalam kita berkomunikasi . Anak yang merasa diterima dalam suatu keluarga akan merasa nyaman dan tidak akan segan2 dalam berceritera banyak tentang perasaan dan masalah2nya .
  • Jadilah seorang pendengar yang baik .
    Apabila sang anak sedang berceritera tentang masalah2nya cobalah untuk mendengar dengan baik apa yang sedang diceriterakannya . Pada saat2 tertentu orang tua harus bisa menghentikan segala kegiatannya untuk mendengarkan pembicaraan sang anak . Hindarkan cara dengan berpura2 mendengarkan ceritera sang anak padahal tidak pernah menyimak ceritera atau curhat dari sang anak . Jika memang sangat sibuk dan pekerjaan yang kita kerjakan tidak mungkin untuk ditunda atau sangat penting sekali dalam arti yang sebenarnya , cobalah untuk berkata jujur pada sang anak .
  • Cobalah menghindari kata jangan kepada sang anak .
    Menghilangkan kata jangan adalah sangat sulit bagi kita khususnya orang dewasa , jangan pernah berkata jangan kepada anak yang sedang melakukan kegiatannya . Kita bisa memberikan kata ganti jangan dengan kata2 yang lainnya misalkan : ” Jangan mandi di sungai itu ! ” kita bisa menggantikan kata jangan dengan ” Kalau kamu mandi di sungai itu nanti kena gatal2 sebab sungainya kotor ” .
  • Gunakan komunikasi dua arah .
    Berbicaralah kepada anak bukan dengan anak , berbicara kepada anak adalah komunikasi satu arah contohnya : ” Pakai sepatumu ” , ” Kamu pergi ke pasar “. Adapun komunikasi dua arah kepada anak adalah berbicara kepada anak dan mendengarkan apa yang akan dibicarakan sang anak .
  • Cari perhatian dari anak
    Cari perhatian dari mereka sebelum kita melakukan komunikasi dengan mereka sebab anak2 hanya dapat berkonsentrasi pada satu hal dalam satu waktu .
  • Orang tua harus dapat menunjukkan sopan santun .
    Biasakanlah mengucapkan Tolong , Terima kasih dan maaf . Sebab anak2 layak diperlakukan dengan sopan santun serta hormat selayaknya orang dewasa memperlakukan orang lain sebayanya . Karena anak2 ini akan belajar menirukan pembicaraan serta tingkah laku dari orang2 dewasa karena si anak belum dapat membedakan hal2 yang baik dan buruk .
  • Hargai Perasaan si anak
    Jangan pernah menginterupsi pembicaraan anak , suatu misal si anak baru pulang dari bermain atau belajar bersama di rumah temannya tapi sewaktu pergi dia tidak meminta izin ke orangtua , sesampainya dirumah dia pasti ingin membicarakan hal2 yang menggembirakan kepada orang tuanya dan sebagai orang tua yang bijak kita harus mau mendengarkan ceritera si anak tadi . Jangan sekali2 memotong pembicaraan si anak dengan kata2 kasar , biarkan mereka berceritera tentang kegembiraannya tadi , walaupun didalam hati kita sebagai orang tua merasa jengkel atas kepergiannya , biarkanlah untuk hari ini tapi esok hari si anak harus kita tegur karena kepergiannya kemarin tanpa izin ke orang tua .
  • Gunakan Kata2 yang baik dan bijak
    Menggunakan kata2 yang baik dan bijak akan mengajarkan kepada anak untuk menirukan perkataan orang tua . Kata2 yang yang baik akan meningkatkan kepercayaan diri dari anak serta membantunya dalam bertingkah laku yang baik didalam lingkumgannya.

Kesimpulan terakhirnya adalah bahwa jika kita berkomunikasi dengan anak secara baik akan bisa membantu anak untuk mengembangkan dirinya , percaya diri dan mempunyai harga diri serta bisa membangun hubungan yang baik dengan orang lain . Dengan kita berkomunikasi didalam keluarga , membuat hidup bersama anak2 menjadi lebih harmonis serta membantu mereka tumbuh menjadi orang dewasa yang memiliki perasaan atas dirinya serta orang lain .

  • Iklan

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: