Hati hati dengan gula

Gula Sumber Energi atau sumber Penyakit
Budaya bagi kebanyakan orang Indonesia dari masyarakat kelas bawah sampai kelas atas sebelum memulai rutinitas setiap hari , adalah acara rutin tiap pagi atau sore dimana kita menyempatkan diri untuk menyeruput secangkir Kopi atau teh atau minuman lainnya , disamping kopi atau teh atau minumannya lainnya itu pastilah ada makanan ringan sebagai pendampingnya . Untuk merasakan kenikmatan tersebut akan disertakan juga gula sebagai penyedapnya . Kopi atau teh atau minuman lainnya pastilah kurang nikmat jika tanpa gula apa lagi makanan ringannya , namun anda harus tahu apa akibatnya bila mengkonsumsi gula terlalu berlebihan ?.
Gula diperoleh tidak hanya dari makanan yang manis saja , karena dari makanan yang beupa kentang , mie dan tepung terigu juga memiliki kandungan gula . Begitu pula yang terdapat pada buah2an seperti pisang , semangka dan melon juga mengandung zat gula yang tinggi .
Gula yang ada didalam makanan ini adalah termasuk dalam kelompok karbohidrat sederhana . Disamping itu ternyata minuman bersoda juga salah satu penyumbang gula dalam tubuh kita . Namun gula adalah juga tidak mungkin akan di hindari karena gula juga adalah salah satu sumber karbohidrat bagi tubuh kita . Gula juga salah satu kebutuhan bahan pokok dalam rumah tangga yang tidak hanya terbatas sebagai bahan pemanis saja . Pada kenyataannya gula juga banyak memberikan manfaat pada pertumbuhan tubuh serta otak kita . Tapi anda juga harus tahu efek negatif dari gula jika kita terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya , adapun efect dari mengkonsumsi gula yang berlebihan adalah :
Penyakit kencing manis atau Diabetes khususnya Diabetes Melitus . Penyakit ini disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat sebagai contoh Mengkonsumsi Gula Berlebihan yang tidak diseimbangkan dengan aktivitas atau pergerakan tubuh sehari hari .
Naiknya berat tubuh bahkan sampai obesitas yang cenderung menimbulkan perbagai penyakit , mudah merasa lelah , sering mengantuk , serta sulit untuk konsentrasi .
Namun Jangan salah apabila anda kurang dalam mengkonsumsi gula , badan akan kelihatan kurus , lemas akibat kekurangan energi dan kekurangan gizi sehingga akan mudah jatuh sakit .
Perlu pula dingat , bahwa zat gula juga terdapat pada banyak jenis makanan lainnya , apabila kita sudah banyak mengkonsumsi makanan penghasil gula kompleks , sebaiknya kita mengurangi konsumsi gula biasa dan begitu pula sebaliknya . Mengkonsumsi gula secara seimbang yang berarti anda harus dapat mengatur karbohidrat yang masuk pada tubuh kita agar dapat seimbang dengan energi yang kita keluarkan . Energi dari setiap orang adalah berbeda beda , tergantung dari usia , berat badan serta aktivitas yang dilakukan se hari2b .
Perlu diketahui konsumsi gula dari rata2 Masyarakat Indonesia adalah 9 – 12 kg. untuk tiap keluarga yang berarti adalah 1 – 2% dari besarnya pengeluaran rata2 penduduk Indonesia
Jadi untuk mewujudkan hidup yang sehat kita harus pandai2 serta bijaksana dalam hal mengkonsumsi gula . disunting dari tabloid nyata .

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: