Apakah anda siap mencoba ?

Pada dasarnya kita sebagai manusia perlu untuk berkomunikasi  antara satu dengan yang lainnya , namun sering terjadi adanya miss komunikasi  antara kita yang tentu saja kita tidak tahu apa penyebabnya . Dan dibawah ini kita dapat belajar berkomunikasi dengan karakter manusia yang ber beda2.

Pada tulisan yang terdahulu tentang karakter2 manusia. Yang pada  dasarnya ada 4  karakter manusia , 1. Sanguinis  2. Melankolis  3.  Koleris  4. Plegmatis . Kini anda dapat mencoba agar sukses untuk  berkomunikasi dengan ke empat karakter tersebut .

  • 1. Sanguinis ,  diperlukan teknik komunikasi yang strategis dan efektif  dalam menghadapi individual sanguinis .   Sebaiknya anda berbicara dg penuh semangat dan antusias . Gunakan kata2 motivasional , positif  dan penuh energi . Jika perlu  gunakan gambar dan ilustrasi saat menjelaskan  sesuatu karena ini akan mengundang rasa ingin tahunya yang cukup besar . Jangan ragu2  untuk memberi pujian dan cona bangun kehangatan persahabatan bukan kekakuan hirarki  .  Jangan berdebat untuk urusan yang detail , karena pribadi Sanguinis lebih menyukai hal2 yang bersifat Makro . Berceritera secara detail tidak akan masuk ke otak orang Sanguinis.
  • 2. Melankolis , mereka suka akan hal2 yang mendetail dan mikro .  Dalam menjelaskan sesuatu gunakan fakta dan data2 yang lengkap dan dapat dipertanggung jawabkan .  Kurangi senda gurau karena dia takkan menyukainya .  Gunakan kata2 yang realistis dan faktual .  Berikan waktu untuk berfikir setelah anda selesai menjelaskan sesuatu .  Berikan kesempatan untuknya guna menguraikan kerangka berfikir secara total dan detail .  Jangan tunjukkan raut wajah bosan , karena dia akan mudah tersinggung jika mengetahuinya . Hindari kata2  motivasi  berlebihan.
  • 3. Koleris ,  bicaralah dengan tegas  tepat dan sistematis .  Sikap mencla mencle tidak akan pernah disukainya .  Jangan gunakan kata2 yang belum pasti seprti mungkin , barangkali apalagi jika memakai argumen NATO ” no action talk only “ .  Jangan ajak dia berdebat kalau anda tidak memiliki data data valid yang bisa digunakan untuk meng-counter mereka .  Tidak diasarankan menyela ketika pribadi koleris  tengah mempresentasikan sesuatu . Pujilah mereka seadanya saja atas apa yang baru dipresentasikan .
  • 4. Plegmatis , Jangan bersuara terlalu keras ketika berkomunikasi .  Anda mesti bersemangat namun tidak perlu sebesar ketika anda berhadapan  dengan orang Sanguinis  .  Jangan terburu-buru  ketika menyampaikan pokok  pokok fikiran .  Berikan waktu untuk mencerna  apa yang kita sampaikan  dan berikan kesempatan untuk berfikir .  Jangan plin plan saat mengutarakan sesuatu  karena dia pasti akan menyimpan dalam ingatannya .  Jangan pernah mengajak berbicara mengenai topik yang lagi panas dan berbau konflik karena orang Plegmatis cenderung menghindari topik2 tersebut .

Demikian apa yang dapat saya tulis , harapan saya semoga dapat menjadi kunci sukses anda dalam berkomunikasi.  Salam……

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: