” Tahukan anda “

” ANAK YANG TELAHIR DARI IBU PEROKOK TERANCAM KANKER TESTIS “

Menurut ahli apidemiologi di Swedia, anak laki-laki yang lahir dari ibu yang merokok pada saat kehamilan,  lebih memungkinkan terkena kanker di testis mereka . Kesejajaran tren peningkatan antara kanker testikular dan paru-paru wanita  serta kanker kandung kemih , ditambah suatu hipotesis yang sudah ada sebelumnya yang mengatakan bahwa kanker testikular mungkin bermula sejak dari dalam rahim ,  menghasilkan teori bahwa ibu yang merokok pada saat kehamilan  bisa menjadi penyebab terjadinya kanker testikular.

Laporan yang dirilis Dr. Andreas Petterson dari Karolinska Hospital di Stockholm , Swedia dan rekan  itu termuat dalam International Journal of Cancer . Dalam penelitian Dr. Andreas dan rekan mengevaluasi data di Nordic Cancer Registries tentang kebiasaan merokok  di antara wanita yang tengah hamil. Selain itu mereka juga memeriksa tingkat kanker testis pada laki-laki usia antara 20 hingga 34 tahun yang berselisih usia 28 tahun dengan para wanita yang merokok saat hamil tadi . Tim periset mendapati bahwa seiring dengan tingginya kebiasaan merokok pada wanita , semakin tinggi pula kejadian kanker yang menimpa anak laki-lakinya . Menurut peneliti , asap tembakau dapat menurunkan kadar hormon-hormon kehamilan , menurunkan aliran darah plasenta , dan menghambat pertumbuhan janin .  Menurut Patterson ,  zat-zat penimbul kanker  (carcinogen) yang terdapat pada rokok memang bisa pula menyeberang hingga mencapai plasenta.

Jadi para ibu , masihkah akan merokok ?

disunting dari ” Senior “.

Iklan

4 Tanggapan

  1. Sip, topic yg menarik..

  2. How, with smoker boy, do will have an in with its daughter also?.

    • Jika anak2 yg merokok bukan yg testis yg kena kanker tapi paru – parunya untuk anak2 putri yang terkena adalah kanker paru-paru dan kanker kandung kemih thank’s

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: